Definisi dan Keuntungan Polimorfisme

Pada postingan sebelemnya saya sudah menjelaskan sedikit tentang definisi dan keuntungan pemrograman berorientasi objek menggunakan inheritens. Sekarang saya akan menjelaskan secara singkat tentang polimorfisme dan keuntungan menggunakan polimorfisme dalam pemprograman berorientasi objek.

polimorfisme sering disebut juga sebagai banyak bentuk, kenapa disebut bayak bentuk karena polimorfisme mempunyai sifat yang secara umum dapat diartikan sebuah kemampuan untuk dipanggil dalam segala bentuk,dalam pemprograman polimorfisme juga dapat diartikan sebagai buku yang memiliki nama sama,namun memiliki tingkah laku yang berbeda sehingga pembacaan code nya juga berbeda.

Keuntungan menggunakan polimorfisme adalah :

1. menyediakan multiobject dari subclasses yang berbeda untuk diperlakukan sebagai object dari superclass tunggal, secara otomatis menunjuk method yang tepat untuk menggunakannya ke particular object berdasar subclass yang termasuk di dalamnya.

2. mampu menangani diskripsi tugas yang berbeda dengan nama yang sama.

Dalam polimorfisme dikenal istilah overloading. Overloading adalah suatu keadaan dimana beberapa method memiliki nama yang sama tetapi memiliki fungsionalitas yang berbeda. Ciri-ciri overloading yaitu nama method harus sama, sedangkan parameter harus berbeda.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar